Jumat, 22 Juli 2011

Blogging Bisa Menghasilkan Uang

Dengan Blogging sebenarnya apa benar kita menghasilkan uang? Jawabannya bisa iya bisa juga tidak, tergantung apa yang menjadi visi dan misi kita melakukan blogging serta yang pasti mindset kita harus benar-benar dipersiapkan untuk blogging yang menghasilkan uang.

Di sini saya akan membahas bagaimana blogging bisa menghasilkan uang diluar teknik promosi seperti SEO atau promosi lain-lainnya. Di sini saya akan fokuskan pada pengoptimalan SDM atau pemilik blog yang merupakan lakon utama dalam membangun blog yang menghasilkan uang.

Hal paling utama lagi yaitu motivasi kita dalam berblogging, apakah untuk jangka panjang atau sekedar menuangkan hobby? Disamping juga dibutuhkan skill dan komitmen untuk membangun sebuah bisnis. Kenapa saya bilang membangun sebuah bisnis? Blogging untuk menghasilkan uang jelas-jelas adalah sebuah bisnis, jadi untuk itu, Anda tidak bisa sekedar menganggap blogging adalah sebuah ajang melampiaskan kesenangan atau sekedar hobby.

Lebih dari itu, blogging harus memiliki sebuah tujuan jangka panjang. Jadi jika Anda ingin sebuah blog bisa menghasilkan uang, maka lupakan kesenangan dan hobby Anda sebagai keinginan untuk ngeblog, namun harus lebih dari itu Anda harus memiliki hal-hal yang saya sebutkan sebagai berikut ini.

Hal utama selain mindset, Visi dan misi juga perlu ditetapkan sejak awal memulai sebuah kegiatan blogging. Selain itu skill dan komitmen juga perlu untuk membangun sebuah bisnis dari kegiatan blogging. Tanpa skill dan komitmen, Tidak sedikit blogger yang tidak pernah mencapai tujuan yang diharapkannya dimana mereka keluar dari pekerjaan utama dan menjadi seorang blogger professional, namun tenyata mereka mengalami kegagalan.

Kenapa skill?

Skill harus ada dan pasti diperlukan untuk menulis sebuah konten sesuai topic yang berkualitas. Skill menulis bisa ditingkatkan dengan banyak membaca-baca buku atau mengunjungi blog bertopik sama dengan topic Anda. Jika memungkinkan , selalu lakukan diskusi dengan para pemilik blog bertopik sama dengan topic blog Anda. Hal ini bisa berdiskusi dengan mereka secara empat mata melalui telepon atau chatting. Jadikan apa yang Anda diskusikan tadi menjadi bahan posting blog Anda.

Kenapa komitmen?


Komitmen diperlukan untuk mengelola sebuah blog, karena tentu Anda ngeblog bukan hanya untuk satu dua bulan saja kan? Komitmen diperlukan bagi Anda yang akan membangun bisnis berbasis blog untuk jangka panjang, karena menulis artikel mutlak harus rutin dilakukan untuk menjaga keupdatean konten blog Anda. Konten blog Anda yang membuat blog Anda dikunjungi, bukan desain atau iklan-iklan yang ada. Semakin sering konten blog Anda diperbarui maka akan semakin banyak menarik pengunjung yang membutuhkan informasi yang Anda sampaikan melalui artikel blog Anda.

Setelah Anda memiliki hal-hal yang tersebut di atas, maka hal selanjutnya adalah bagaimana menjadikan kegiatan blogging bisa menghasilkan uang untuk Anda. Sebuah blog yang bertujuan untuk menghasilkan uang adalah pemilihan topik sesuai niche yang Anda target dan isi konten informatif dan bermanfaat serta memberikan ilmu dan perubahan dari pembacanya. Ya…fokuslah pada penulisan konten yang :

unik,

bermanfaat,

informative,

dibutuhkan banyak orang,

tidak lekang oleh waktu alias bisa dibaca kapan saja dan yang selalu hangat dibicarakan orang.


Ketika Anda focus pada konten, maka akan menghasilkan konten yang berkualitas dimana ini akan meningkatkan traffic karena Anda telah memiliki pembaca setia atau kunjungan berulang-ulang. Kualitas konten juga akan meningkatkan kredibilitas dan branding Anda melalui konten yang Anda tulis. Kualitas juga akan memicu terjadinya pemasaran dari mulut ke mulut ( Word Of Mouth ) sehingga keberadaan blog Anda akan cepat menyebar.

Gabungkan hobby, kesenangan, minat dan bakat Anda dengan hal-hal tersebut di atas, maka Anda telah memulai awal blogging yang baik dan bersiaplah untuk membangun bisnis berbasis dari blog Anda.

Banyak bisnis yang menghasilkan uang dari blogging seperti Google Adsense, Paid To Review, program afiliasi atau bahkan menawarkan produk dan jasa Anda sendiri melalui blog sebagai perantara. Tergantung Anda mau pilih yang mana? Salah satunya atau seluruhnya pun tidak masalah yang penting selalu tingkatkan skill dan jaga komitmen Anda.
 

Tidak ada komentar: